Koleris-Sanguinis??

Pertama kali Najma tes kepribadian itu saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.. Lalu berlanjut saat SMA,, masih belum sadar juga.. lanjut 3 kali saat kuliah … Najma fikir, akan berubah seiring dengan perubahan masa.. Namun ternyata sama sajaa..

Berkali-kali mengikuti tes,, berkali-kali pula mendapat hasil yang sama : Koleris-Sanguinis..

Menurut survey yang dilakukan di sana sini ,, yang sudah terrangkum dalam bukunya mba Afifah Afra “…And The Star is Me”..

Tipe kepribadian Koleris itu…

Koleris adalah pribadi orang kuat. Ia adalah orang yang ekstrovert, pelaku sebuah pekerjaan, dan selalu optimis. Ia berbakat sebagai pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus senantiasa memperbaiki kesalahan, kemauan kuat dan tegas, tidak emosional, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri. Ia senantiasa memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja, motivator yang hebat, berorientasi pada target, detail, terorganisir dengan baik, cenlderung untuk mencari pemecahan yang praktis, bergerak cepat, mendelegasikan pekerjaan, menekankan hasil, dan kompettitif.

Sebagai teman, orang koleris ini cenderung kurang butuh teman, maunya memimpin,biasanya selalu (merasa) benar dan unggul dalam keadaan yang sifatnya darurat.

Orang kuat ini juga memiliki kelemahan. Yang paling menonjol adalah, bahwa ia adalah seorang pekerja keras, ambisius dalam mengejar prestasi. Ia tidak bisa bersantai-santai.

Selain itu, orang koleris juga hanya mampu bahagia jika berposisi sebagai pengendali alias pemimpin. Mereka selalu mendominasi dan akan menjatuhkan dengan sengaja atau tak sengaja jika ada atasannya yang lembek.Β Tentu saja hal ini berpotensi menimbulkan suasana tak nyaman di dalam tim.

Mereka selalu sok unggul dan meremehkan orang lain. Namun uniknya, mereka mampu memanipulasi orang sehingga tunduk di bawah kendalinya. Mereka juga tidak sabaran, suka menasihati atau memberi solusi meskipun tidak diminta sehingga kesannya menjadi sok tahu dan sok care. Rata-rata mereka juga otoriter dan senang dengan pertempuran/pertengkaran. Karena jika ia ‘bertempur’, dan ia menang , maka itulah kesenangan yang ia dambakan. Ia akan senang menyalahkan orang lain dan menganggap ia yang paling benar. Sayangnya, ia juga sangat sulit minta maaf.. Namanya juga jagoaaaannn…

Terus.. yang keduanya itu Sanguinis…

Kepribadian ini ditandai dengn 3 karakter utama, yakni ekstrovert, senang berbicara dan optimis. Orang sanguinis biasanya populer dan identik dengan popularitas. Orang sanguinis ini memiliki kepribadian yang menarik, suka berbicara, emosional, humoris, ingatan yang kuat akan warna, mampu berbicara dengan memukau, demonstratif, ekspresif, antusias, periang, penuh semangat, penuh rasa ingin tahu, good performance — termasuk di panggung, lugu dan polos, berhati tulus, hidup di ‘masa sekarang’, serta kekanak-kanakan.

Dalam hal pekerjaan, orang sanguinis selalu siap menjadi sukarelawan untuk tugas apapun, selalu memikirkan hal-hal baru, tampak hebat di permukaan, kreatif dan inovetif, punya energi, cemerlang, menginspirasi Β orang lain, dan memesona orang lain untuk ikut bekerja. Sebagai teman, orang tipe ini adalah teman yang baik. Ia mudah bergaul, gampang jatuh cinta, suka dipuji, menyenangkan, tidak pendendam, cepat minta maaf, spontan, dan tidak membosankan.

Sayangnya, orang sanguinis ini adalah orang yang menyukai kesenangan dan berkepribadian memikat, sehingga ia sering merasa tidak percaya bahwa ia bisa melakukan kesalahan. Mereka juga terlalu cerewet, mudah bosan, bertele-tele, suka membesar-besarkan masalah, terlalu mementingkan diri sendiri, kurang peka, pelupa–terutama terhadap nama, sulit untuk mendengarkan, kurang perhatian pada orang lain, sering menyela/memutus pembicaraan orang lain, teman yang selalu berganti-ganti, tidak tertib, kekanak-kanakan.

Itulah sosok sanguinis. Ia selalu gembira, tampil bak bintang, membuat orang senang, namun ia merasa sebagai orang yang tidak mungkin salah, sehingga ia mudah patah oleh kritikan, namun cepat bangkit dan melupakan kritikan itu. Benar-benar lupa, bukan sekedar cara mengkritik yang membuat sakit hati,namun juga isi kritikan itu..

Hemm.. Koleris-Sanguinis..

Karakter ‘bos’ yang suka bekerja keras pada orang koleris, tentu akan menjadi lebih ‘ringan’ jika dipadukan dengan gaya sanguinisnya. Meskipun pekerja keras dan cenderung suka mendominasi, dengan gayanya yang riang , orang koleris-sanguinis akan mampu menyenangkan orang-orang disekelilingnya. Akan tetapi, pemimpin dengan tipe ini juga akan cenderung melompat-lompat, kurang sistematis, mudah melupakan apa-apa yang telah menjadi kesepakatan dan ketika diingatkan, dengan mudah ia akan memaafkan dirinya sendiri..

Hehe… Najma sesuatu banget kepribadiannya ^^

Advertisements

8 thoughts on “Koleris-Sanguinis??”

  1. Salam kenal Najma, kebetulan saya googling dan Koleris Sanguinis dapet link ke blog Najma. Kebetulan kita sama nih. Salam kenal.

  2. kita sama nih najma
    aku bingung manage-nya
    kadang hal-hal negatif dari koleris-sanguinis muncul tanpa sadar
    akhirnya banyak orang yang sakit hati
    gimana yaa?
    apalagi aku punya karakter otak kanan yang cenderung bertindak sebelum berpikir
    dari dulu ngga pernah berubah

    ini yang bikin orang-orang segan
    jadi merasa bersalah, ada saran?

    1. well, welcome in my home, husna πŸ™‚
      haha sebenernya kalo yang banyak negatifnya itu yang koleris *haha, termasuk ambisiusme tingkat dewa yang selalu bersemayam..
      hm, nah, aku juga kayak gitu. kadang, kl ada org yg gak ngerti aku itu koleris, pasti langsung nyelekit gitu deh pas aku ngomong.. org yg udh kenal aja katanya masih nyelekit kl aku ngomong.
      bener banget tuh, orang2 kayak kita yang senantiasa bertindak sebelum berpikir sepertinya harus dibasmi. hahah.. πŸ˜€

      sarannya, jadi diri kita apa adanya ajaaah..
      yang terbaik itu, yang sudah kita lakukan. ini fitrah nya.. tinggal sama2 tau dan sadar kalo karakter masing2 orang itu beda,,
      well, suka sebel gak sama orang2 pleghmatis? yang kerjanya 180 derajat bertolak belakang sama koleris. nah mungkin itu jg yang nyebabin org2 diluar koleris-sanguin jadi sebel sama kita. *huks.
      tapi btw, aku bahagia2 aja kok jadi kayak gini..

      karena aku kan masih imut lucu unyu2.. ^^

  3. hey heyy,, aku jugaa samaa lhoo hhe =D (mnurut pnampakan dari prilakuku sih, fufufu) tpi kadang aku kalo ama orang deket itu sanguinis, ketawaaa mulu, tapi kadang kalo ada kritikan dari org lain yang mnurut orang itu biasa aja menurut aku bisa saja sangat menyakitkan hiks hiks…
    sifat kolerisku muncul kalo didepan orang masih belum kukenal, apalgi org yg bukan teman dekat hhe. pkoknya orang2 jauh… tapi kalo org jauh yg trasa dekat itu beda ya (tp bukan pacar lhoo :p, kya kmu ini lah kayanya, hhe (*ihsokdeketginiya wkwkwk aku prempuan kok )..

    tpi aku mrasa masih ad yg kurang, slah satunya ingin yakin dmana sih bakatku. huhu aku masih bingung nihh..Trmasuk nntuin jurusan nanti uff 😦 wlaupun aku blm kls xii sih hhe. pas itu kkak nntuin jurusannya kyamana kiat2nya? hhe :). Oiya jadi inget kalau yg empunya blog ini ternyata senior ku.. hhe maafkan diriku yang mungkin tidak sopan ya kak uff:(
    aku harap kkak senang saja dengan tanggapanku di blog kkak hhe:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s