racauan sebelum berangkat kape

beberapa detik lalu, kubiarkan kursor pembuat huruf ini diam, hanya berkedap-kedip, menunggu sang empunya berimajinasi kembali menorehkan tulisan-tulisan magisnya. *apasih.

rasanya, malam ini, saya ingin sekali terus-menerus menatap langit, menatap bintang yang benderang, menatap rembulan yang begitu memancarkan kelembutan. rasanya, malam ini, saya hanya ingin terus-menerus seperti itu. hingga kudapati pagi telah datang bersama mentari.

tapi toh nyatanya, jasad ini butuh istirahat. ini sudah pukul 10:30 dan saya masih saja sibuk dengan tarian huruf pada otak saya. saya butuh istirahat. karena istirahat siang tadi toh tidak sebetulnya istirahat. mata ini memang benar, tertutup. tubuh ini memang benar, terlelap. tapi hati dan pikiran ini tidak benar-benar melakukan pekerjaan itu. hati dan pikiran saya saat itu malah justru mengangkasa, memikirkan hal-hal absurd yang pernah atau akan saya lakukan kemudian. seperti misalnya, tersenyum sendiri ketika melihat nenek-nenek dengan cucu kecilnya, tertawa sendiri bersama Pou (hewan peliharan saya di hape yang lucu sekali kalau sedang bermain bola, yang lucu sekali kalau sedang di mandikan, yang lucu sekali kalau sedang makan. ah pokoknya Pou itu lucu), pun juga seperti pikiran saya yang juga mau mengajar TPA saat kerja praktek nanti.

ah ya, besok insyaAllah saya akan berkelana sendirian ke Jogja, kota para pelajar itu. saya menyebutnya kota para pecinta (?). nah, saya mau kerja praktek di LIPI, daerah gunung kidul. well, saya sebulan jadi orang gunung 😀

nah, saya itu sudah mendesain pekerjaan saya nanti akan seperti apa, dan saya harus pula meluangkan waktu untuk adik-adik manis yang secara serius namun sering bercanda–untuk lebih dekat mengenal Tuhannya, dengan mengaji. aah, pingin banget nge dongengin mereka ^^

tentang hidup, tentang kehidupan sebelum kehidupan, tentang kehidupan setelah kematian. pingin banget mereka tau sejak dini bahwa ini, dunia ini, hanya halte sebentar. hanya menyiapkan bekal sebentar, makan sebentar, tidur sebentar, belajar sebentar, dan semuanya serba sebentar. karena ini hanya halte. dan nanti, bus-bus kehidupan kita ini akan senantiasa membawa kita ke kehidupan kita yang jauh lebih lama dari kata sebentar, hidup kita kemudian akan berubah status menjadi abadi. dan enak atau tidaknya kehidupan kita pada status abadi itu, tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini. catat : pada apa yang kita lakukan hari ini. bukan kemarin.

kemarin,kemarin lusa,tahun lalu, itu masa lalu. dan masa lalu adalah jarak terjauh dengan kita. kemarin-kemarin–ketika sempat kita berbuat salah, pernah membuat saudara kita merintih sedih, sering mencela, mengejek, dan bahkan kejelekan-kejelekan lainnya–ya itu kemarin. hari ini, kita harus lebih baik dari itu. membenahi diri kita, hati kita. menata kembali ruang-ruang di hati yang sempat ternodai, membersihkan lagi kesucian hati kita yang sempat tertutup kabut dosa. dan tugas kita memang hanya itu, menjadi manusia yang lebih baik setiap harinya.. berdoa pada Tuhan agar Ia–dengan kasih sayangnya–memberikan ampunanNya atas apapun dosa yang pernah atau bahkan sering kita lakukan. hanya itu.

melakukan yang terbaik setiap hari–memuhasabahi diri atas segala dosa–bertaubat dengan sebenar-benar taubat–dan mengharap atas ridhoNya.

selebihnya, itu urusanNya. tak perlulah kita ikut campur. tentang seberapa lama doa kita terkabul, tentang seberapa lama kita akan hidup, tentang kapan kita dimatikan, tentang hal-hal apapun yang sifatnya mutlak. maka biarlah Ia yang mengurus semuanya. percayalaah, percayalaah, Ia akan selalu memberikan yang terbaik, sesuai kebutuhanmu, seindah jiwamu.

dan, sampai jumpa Purwokerto. satu bulan akan saya lalui bersama beberapa mahasiswa dari luar Unsoed, manusia-manusia ramah di bumi Jogja, dan tentunya bersama Ia–yang mencintai saya dengan luar biasa..

Leave a Reply

