dogmatis

hari ini aku belajar dua hal sekaligus. bersyukur dan bersabar. sebenarnya, dan seharusnya, aku sudah berkali-kali mempelajari dua hal itu. tapi mungkin baru kali ini aku merasakannya :” ah, terimakasih Allah-ku.

kadang memang sebuah kelakuan menjengkelkan, kelakuan yang membuat hati berat dan seperti merasa sudah tidak sanggup lagi bertahan, terlebih justru memberikan efek domino pada yang merasakan. dalam hal ini, aku persempit korbannya. aku.

air mata sering terlebih dulu bicara daripada kata-kata. dan mematikan semua jenis jejaring sosial serta alat komunikasi adalah salah satu cara terbaiknya–menurut aku. namun itu terlalu kanak-kanak. terlepas dari kenyataan bahwa aku adalah anak yang gagal bungsu, ternyata memang aku masih kanak-kanak, yang merasakan segala sesuatunya dengan menangis. 

hari ini, aku belajar. bahwa kita, memang terlebih sering terbelenggu dalam sekat-sekat pikiran dogmatis kita sendiri, yang kita buat sendiri, sesuai dengan imajinasi kita sendiri. padahal, tak seharusnya bukan, seorang muslim berpikir seperti itu? bukankah ada cara yang lebih baik untuk semua itu? berbaik sangka, berdoa, dan tanyakan langsung. bukan malah menduga-duga. ah dunia. seperti sinetron saja potretmu.

ternyata memang kenyataannya tidak seperti itu. aku baru tau, kamu sebijak itu. iya, kamu..

bersabarlah, dalam ketenangan.. hingga kelak, Allah Yang Maha Sabarlah yang akan menuntun kita untuk terus bersabar. sampai Allah Yang Maha memberikan ketenangan lah yang akan membuat kita selalu merasakan ketenangan. 

“So, which blessing of your Lord that you deny?” -ArRahman- :”

Leave a Reply

